Keselamatan sepeda dan anak-anak

Keselamatan sepeda dan anak-anak

Keselamatan sepeda dan anak-anak – Pada tahun-tahun awal mereka, anak-anak membutuhkan banyak bantuan dari orang dewasa untuk mengelola risiko yang cukup besar terkait dengan penggunaan jalan. Mereka membutuhkan bantuan khusus dalam mendeteksi keberadaan lalu lintas dan menilai kecepatan dan jarak lalu lintas yang akan datang. Ketika mereka tumbuh dan berkembang, dan dengan bantuan orang dewasa, anak-anak menjadi semakin sadar bagaimana mereka dapat mengelola keselamatan mereka sendiri, dan menjadi jalan yang lebih aman. dan pengguna sepeda.

Membantu anak-anak agar aman di sekitar lalu lintas

Keterampilan keselamatan jalan paling baik dipelajari di lingkungan lalu lintas nyata. Anak-anak belajar terutama dari pengalaman dan interaksi orang dewasa membantu mereka untuk belajar. Anda dapat membantu dengan berbicara dengan anak Anda saat berkendara. Ajukan pertanyaan tentang jalan, rambu, lalu lintas, dan bagaimana dan di mana Anda dapat berkendara dengan aman.

Untuk membantu anak Anda menjadi pengendara sepeda yang aman, biarkan mereka sering berlatih di jalan setapak dan berikan kiat tentang cara berkendara yang aman. Anak-anak perlu mengembangkan keterampilan untuk dapat naik dalam garis lurus, mengerem dengan benar dan berbelok dengan aman.

Naik di tempat yang telah ditentukan seperti jalur sepeda jika memungkinkan. Secara hukum, anak-anak di bawah usia 12 tahun dapat menaiki jalan setapak, dan orang dewasa juga bisa ketika mereka mengawasi mereka. Cari tahu apakah sekolah anak Anda menawarkan ‘Sepeda Ed’, yang mengajarkan anak-anak tentang keselamatan di jalan dan keterampilan bersepeda.

Keamanan sepeda untuk anak balita

Selalu awasi anak-anak dengan cermat dalam situasi lalu lintas. Ini penting untuk:

  • Bicarakan dengan anak Anda tentang lingkungan lalu lintas.
  • Jelaskan apa yang Anda lakukan ketika Anda menyeberang jalan bersama. Libatkan anak Anda dalam memutuskan kapan aman untuk menyeberang jalan – tentu saja Anda masih membuat keputusan, tetapi Anda mengajar anak Anda untuk berpikir di lingkungan lalu lintas.
  • Selalu menjadi panutan yang baik untuk anak Anda dengan mematuhi aturan jalan dan menyeberang jalan dengan aman.
  • Lakukan kontak mata dengan pengguna jalan, terutama di persimpangan.
  • Libatkan anak Anda dalam memilih tempat yang aman untuk dikendarai.
  • Pastikan anak Anda selalu menaiki jalan setapak atau jalur sepeda dengan pengawasan orang dewasa.
  • Pastikan anak Anda mengenakan helm Standar Australia yang disetujui ketika mengendarai sepeda.
  • Tanyakan apakah layanan anak usia dini anak Anda mencakup pendidikan keselamatan jalan dalam program ini.

Keselamatan sepeda untuk anak-anak berusia antara lima dan sembilan tahun

Anak Anda masih membutuhkan pengawasan dan bantuan orang dewasa di lingkungan lalu lintas. Ini penting untuk:

  • Bicara bersama tentang rambu dan lampu lalu lintas. Identifikasi dan diskusikan tempat-tempat yang aman untuk menyeberang jalan.
  • Ajari anak Anda cara menyeberang jalan menggunakan proses ‘berhenti, lihat, dengar, dan pikirkan’ – berhenti di tepi jalan, lihat dan dengarkan lalu lintas dan kemudian putuskan apakah aman untuk menyeberang. Ikuti perjalanan ke sekolah bersama di sepanjang jalan setapak teraman dan gunakan tempat penyeberangan yang aman, seperti penyeberangan pejalan kaki dan di bagian jalan yang lurus.
  • Awasi anak Anda dalam perjalanan ke dan dari sekolah.
  • Selalu menjadi panutan yang baik untuk anak Anda dengan mematuhi aturan jalan dan menyeberang jalan dengan aman.
  • Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak boleh bersepeda di jalan, dan mereka harus ditemani oleh orang dewasa yang kompeten ketika mengendarai di jalan setapak atau jalur sepeda. (Anda dapat naik dengan anak Anda di jalan setapak saat mereka lebih muda dari 12 tahun.)
  • Pastikan anak Anda mengenakan helm Standar Australia yang disetujui ketika mengendarai sepeda.
  • Tanyakan di sekolah anak Anda program keselamatan jalan apa yang diajarkan.

Keamanan sepeda untuk anak-anak antara 10 dan 13

Anak-anak antara 10 dan 13 tahun dapat mengatasi sendiri lalu lintas dengan lebih aman. Akan tetapi, ini akan tergantung pada seberapa banyak praktik yang dilakukan anak di lingkungan ‘lalu lintas nyata’. Ini penting untuk:

  • Pastikan anak Anda selalu ‘berhenti, melihat, mendengarkan, dan berpikir’ ketika menyeberang jalan. Minta mereka untuk menjelaskan kepada Anda apa yang mereka lakukan dan mengapa mereka melakukannya.
  • Bicarakan dengan anak Anda tentang hukum jalan. Pergi untuk naik reguler bersama.
  • Rencanakan rute yang aman ke sekolah bersama anak Anda, dan ke tempat-tempat yang sering dikunjungi anak Anda.
  • Bicaralah dengan anak Anda tentang di mana mereka bisa naik dengan aman.
  • Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak boleh bersepeda di jalan dan mereka harus ditemani oleh orang dewasa yang kompeten ketika mengendarai jalan setapak atau jalur sepeda.
  • Pastikan anak Anda mengenakan helm sepeda Standar Australia yang disetujui.
  • Pastikan anak Anda memakai warna-warna cerah yang mudah dilihat oleh pengguna jalan lain.
  • Selalu menjadi panutan yang baik untuk anak Anda dengan mematuhi aturan jalan dan menyeberang jalan dengan aman.

Helm sepeda untuk anak-anak

Helm sepeda efektif melindungi pengendara sepeda anak dari cedera kepala, otak, dan wajah. Mengenakan helm dapat mengurangi risiko cedera kepala hingga 60 hingga 90 persen. Adalah wajib untuk mengenakan helm ketika mengendarai sepeda di Victoria di jalan atau area yang berhubungan dengan jalan seperti jalur sepeda, jalur sepeda, jalan setapak bersama atau jalan setapak terpisah. Sepeda roda tiga dengan pedal dan rantai dianggap sebagai sepeda di bawah peraturan jalan.

Helm anak Anda harus:

  • disetujui – pastikan helm itu membawa tanda Standar Australia, menunjukkan bahwa helm itu disetujui keselamatannya dan memenuhi Standar Australia / Selandia Baru AS / NZS 2063
  • ukuran yang tepat dan pas – helm harus nyaman dan tidak terlalu kencang atau longgar. Topi tidak boleh dikenakan di bawah helm karena merusak pas – anak Anda dapat mengenakan pelindung di atas helm untuk melindunginya dari sinar matahari. Pilih helm yang tidak terlalu berat dan memberikan ventilasi yang baik
  • diposisikan dengan benar – helm harus duduk sejajar di kepala pengendara, menutupi dahi dengan tepi tepat di atas alis. Tali harus disesuaikan dengan benar dan gesper terpasang erat. Tali harus membentuk bentuk ‘V’ dengan penuntun tali plastik berada tepat di bawah daun telinga. Pastikan tali tidak dipuntir. Gespernya harus ditutup di bawah dagu anak Anda
  • disimpan dalam kondisi baik – helm dirancang untuk melindungi kepala seseorang hanya untuk satu benturan. Jika helm telah terlibat dalam kecelakaan atau jika jatuh dari ketinggian, Anda harus menggantinya, bahkan jika tidak ada kerusakan yang terlihat. Jangan biarkan helm terkena sinar matahari langsung saat tidak digunakan. Pastikan busa tidak tua dan hancur, dan bersihkan helm sesuai dengan instruksi pabrik.

Memilih sepeda yang cocok untuk anak Anda

Memiliki sepeda dengan ukuran yang tepat untuk tubuh pengendara memainkan peran besar dalam bersepeda yang aman. Sepeda yang terlalu besar untuk anak Anda berbahaya. Jangan membeli sepeda atau helm yang terlalu besar untuk anak Anda, dengan maksud bahwa mereka akan ‘tumbuh menjadi itu’.

Untuk menguji ukuran, berdirilah anak Anda di atas sepeda dengan kedua kaki di tanah. Untuk sepeda sedang atau ringan, harus ada setidaknya 2 cm antara selangkangan anak dan palang (atau di mana palang akan berada jika sepeda memilikinya). Untuk BMX dan sepeda gunung, harus ada setidaknya 5 cm antara selangkangan anak dan palang sepeda.

Pastikan semua kontrol mudah dijangkau dan nyaman digunakan, dan kursi dapat disesuaikan. Jika Anda membeli sepeda bekas, perbaiki dengan benar.

Kursi penumpang sepeda untuk anak-anak

Untuk menggunakan kursi penumpang sepeda untuk anak-anak dengan aman:

  • Periksa batasan usia atau berat yang dijelaskan oleh pabrikan kursi penumpang sepeda.
  • Pilih tempat duduk dengan penyangga kaki yang dibentuk (untuk melindungi kaki anak dari jari-jari roda), penyangga kepala dan leher, pengikat kaki dan perisai bicara.
  • Pastikan tempat duduk memiliki harness dan Anda pas dengan aman setiap kali Anda menempatkan anak di kursi.
  • Pastikan anak Anda mengenakan helm sepeda Standar Australia yang disetujui ketika mengendarai sepeda.

Trailer sepeda dan aturan jalan terkait

Trailer sepeda mengacu pada kendaraan yang dibangun untuk menjadi, atau, ditarik di belakang sepeda. Pengendara sepeda tidak boleh menarik trailer sepeda dengan orang di dalam atau di trailer sepeda, kecuali jika semua hal berikut ini berlaku:

  • pengendara sepeda berumur 16 tahun atau lebih
  • penumpang berusia di bawah 10 tahun
  • trailer sepeda dapat dengan aman membawa penumpang
  • penumpang menggunakan helm sepeda Standar Australia yang disetujui terpasang dan terpasang erat di kepala mereka.

Ada beberapa pengecualian (Peraturan Jalan Keselamatan Jalan 2009, reg. 257 (4)) untuk memungkinkan penumpang yang lebih tua naik trailer termasuk jika cacat atau kondisi medis membuatnya diinginkan.

Merawat sepeda anak Anda

Pastikan sepeda Anda dan sepeda anak Anda terawat dengan baik. Periksa rem, roda, pedal, bantalan, dan rantai secara teratur agar sepeda berhenti dengan cepat dalam keadaan darurat. Setiap kali Anda mengendarai sepeda, periksa apakah bannya keras, apakah remnya berfungsi dan apakah ada mainan kerincingan. Periksa ban, bantalan, roda gigi, mur dan baut, dan lumasi rantai dan kabel setiap minggu.

Temui mekanik sepeda profesional jika Anda tidak yakin dengan keselamatan sepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *